Mengenali 5 Teknik dan Manfaat Renang Gaya Punggung

Mar 19, 2024

Renang gaya punggung disebut juga backstroke merupakan salah satu olahraga yang tidak hanya menyenangkan tetapi juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang luar biasa. Gaya ini memungkinkan tubuh untuk tetap terapung di permukaan air, sehingga meminimalkan tekanan pada sendi-sendi. Lalu, apa saja teknik dan juga manfaatnya?

renang gaya punggung

Teknik Renang Gaya Punggung

Langkah-langkah dasar dalam renang gaya punggung meliputi gerakan bergantian antara tangan dan kaki, dengan kepala yang tetap menghadap ke atas untuk memudahkan bernapas. Beberapa hal berikut perlu kamu perhatikan saat melakukan gaya renang ini:

1. Posisi Tubuh

Posisikan tubuh telentang dan kepala menghadap ke atas. Jagalah tubuh tetap datar dan dekat dengan permukaan air.

2. Gerakan Tangan

Putar lengan dari dalam air ke luar (posisi ibu jari di atas). Ketika tangan di atas, putar sehingga kelingking yang masuk lebih dahulu ke dalam air, dan telapak menghadap ke luar. Setelah tangan di dalam air, putar telapak tangan ke bawah.

3. Gerakan Kaki

Kaki harus bergerak secara bergantian dari pinggul, bukan dari lutut. Pada saat kaki turun, tekuk sedikit lutut, lalu luruskan saat mengangkat kaki ke atas.

4. Pernapasan

Kepala harus tetap stabil dan lurus, menghadap ke atas, dengan mulut di atas air untuk bernapas. Jaga agar gerakan kepala minimal untuk menghindari perubahan arah.

5. Drill dan Latihan

Sebuah drill yang dapat membantu dalam menguasai teknik renang gaya punggung adalah melakukan tendangan kaki dengan tangan di samping tubuh dan melakukan rotasi perlahan dari satu sisi ke sisi lainnya.

Manfaat Renang Gaya Punggung

Selain menjadi pilihan yang mudah dipelajari, renang gaya punggung juga memberikan sejumlah manfaat kesehatan yang signifikan. Berikut adalah beberapa manfaat utama dari melakukannya secara teratur:

1. Menguatkan Otot

Renang gaya punggung melibatkan berbagai kelompok otot, termasuk otot lengan, kaki, dan inti tubuh. Melakukan gerakan yang terus-menerus membantu meningkatkan kekuatan otot secara keseluruhan.

2. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Renang gaya punggung dapat meningkatkan denyut jantung dan sirkulasi darah. Ini membantu memperkuat jantung dan pembuluh darah, serta mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Meningkatkan Fleksibilitas

Gerakan yang terus-menerus dalam renang gaya punggung membantu meningkatkan fleksibilitas tubuh. Hal ini dapat membantu mengurangi risiko cedera dan meningkatkan rentang gerak pada sendi-sendi.

4. Membakar Kalori

Renang gaya punggung adalah bentuk latihan yang efektif untuk membakar kalori. Oleh karena itu, renang gaya ini dapat membantu kamu menurunkan atau menjaga berat badan.

5. Mengurangi Stres

Seperti olahraga lainnya, renang gaya punggung dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati. Berenang di air yang tenang dapat memberikan efek relaksasi yang signifikan.

 

Walaupun terlihat sulit, dengan latihan yang rutin Happyfitters pada akhirnya bisa melakukan renang gaya punggung ini. Ingatlah untuk selalu pemanasan sebelum berenang dan memakai kacamata renang dari Happyfit untuk mengurangi risiko iritasi pada mata karena air kolam renang. Selamat berlatih!

Blog posts list