Tips Dan Trik Cara Membersihkan Matras Yoga

13 January 2020 Tips Dan Trik Cara Membersihkan Matras Yoga

Olahraga yoga merupakan olahraga yang simpel. Meski terlihat simpel, namun ternyata olahraga ini justru mampu membakar lemak lebih banyak sesuai jenis yoga nya. Maka dari itu yoga adalah olahraga yang baik dilakukan bagi anda yang aktif atau ingin membentuk postur tubuh yang lebih baik dengan bonus pembakaran lemak tubuh.

Tentu ketika akan melakukan yoga, kita harus mempersiapkan alat-alatnya terlebih dahulu. Alat tersebut biasanya adalah yoga mat, yoga towel, yoga block, dan juga stretching strap. Nah yang paling umum dan esensial untuk melakukan yoga adalah yoga mat.

Jika anda tidak memiliki yoga mat, anda dapat pergi ke studio yang menyediakan latihan yoga. Disana sudah dilengkapi dengan yoga mat yang bisa anda pakai. Pemakaian ini tentu bergantian dengan peserta lain. Sebaiknya anda miliki sendiri yoga mat ini untuk menjaga kebersihan yoga mat.

Lalu apa saja yang bisa dilakukan agar yoga mat tetap bersih?. Perawatan yoga mat bisa dilakukan seminggu sekali dengan beberapa cara seperti berikut.

1. Campuran Air dan Cuka

Bahan dasar yoga mat yang terbuat dari karet alami dapat dibersihkan dengan menggunakan campuran air dan cuka. Campurannya menggunakan ukuran 50% air dan 50% cuka. Campuran ini baik untuk sterilisasi dan mengembalikan warna dan tekstur dari yoga mat.

Namun perlu diingat bahwa campuran cuka untuk membersihkan yoga mat ini bisa menyebabkan bau yang kurang enak pada yoga mat. Bahan yoga mat yang terbuat dari karet alami ini dapat menyerap bau cuka sehingga kemungkinan bau tersebut masih menempel ketika anda gunakan.

2. Air Hangat dan Deterjen

Siapkan air hangat dalam bak kemudian campur deterjen secukupnya. Rendam yoga mat dalam campuran air hangat dan deterjen ini. Setelahnya bilas matras dan lap dengan lap lembut. Sebaiknya penggunaan deterjen sekitar satu sendok teh saja tidak perlu terlalu banyak karena akan membuat yoga mat menjadi licin ketika digunakan.

Keringkan yoga mat dengan cara diinjak dengan dilapisi alas terlebih dahulu dan hindari memeras yoga mat karena akan meninggalkan jejak. Kemudian jemur yoga mat hingga kering.

3. Lap Yoga Mat

Setelah digunakan sebaiknya yoga mat dibersihkan dengan cara di lap menggunakan lap lembut. Pembersihan ini dapat menjaga yoga mat tetap bersih hingga pada waktunya harus dicuci seminggu sekali. Tidak lupa untuk menjemurnya setelah di lap. Hindari terkena paparan sinar matahari langsung ketika menjemur yoga mat.

Anda juga bisa membeli yoga mat cleaner yang dapat membersihkan yoga mat dengan cara disemprotkan lalu di lap hingga bersih.

4. Cuci Dengan Mesin Cuci

Anda juga dapat mencuci yoga mat dengan menggunakan mesin cuci layaknya mencuci baju biasa. Tetapi sebaiknya hindari mengeringkan yoga mat dalam mesin cuci dengan kekuatan tinggi karena dapat merusak yoga mat.

5. Tisu Basah Khusus

Jika anda sibuk dan tidak sempat untuk mencuci yoga mat, anda dapat membeli tisu basah khusus yang dapat membersihkan yoga mat anda. Caranya cukup mudah, anda tinggal lap dengan tisu tersebut pada seluruh bagian yoga mat kemudian keringkan sebentar.

Lebih mudah dan praktis namun terdapat biaya untuk membeli tisu basah tersebut.

Beberapa cara membersihkan yoga mat bisa anda pilih sesuai dengan keinginan anda. Bagi anda yang sibuk tersedia tisu basah khusus untuk membersihkannya. Namun jika anda ingin membersihkan yoga mat secara detail, anda dapat membersihkan yoga mat dengan cara dicuci seminggu sekali. Cukup praktis dan mudah bukan merawat yoga mat.