Beberapa Gerakan Yoga Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

30 December 2019 Beberapa Gerakan Yoga Yang Bagus Untuk Ibu Hamil

Kehamilan memang merupakan suatu peristiwa yang mengagumkan. Apalagi jika ini adalah kehamilan pertama anda. Anda dan pasangan akan dengan ketat menjaga kesehatan ibu dan bayi agar dapat lahir dengan selamat dan sehat.

Asupan nutrisi dan gizi juga diperlukan agar bayi dalam kandungan tercukupi sehingga ia dapat sehat. Selain itu ibu yang sedang mengandung juga sebaiknya menghindari stres dan berusaha lebih rileks agar tidak berpengaruh pada bayi dalam kandungan.

Banyak tempat yang menawarkan pelatihan persiapan persalinan dan juga senam hamil. Hal ini diberikan kepada calon ibu agar dapat mengetahui mengenai hal-hal yang bisa dilakukan ketika akan menghadapi proses persalinan.

Sesekali sesi ini bisa dilakukan degan ditemani oleh pasangan. Adanya kehadiran pasangan akan meningkatkan rasa kepercayaan diri ibu karena dukungan yang diberikan. Selain senam hamil dan menjaga asupan makanan yang sehat, ternyata ibu yang sedang hamil bisa mencoba melakukan yoga.

Iya, yoga yang khusus dirancang untuk dapat dilakukan dengan aman oleh ibu hamil ini diberikan oleh pelatih yang ahli. Gerakan-gerakan dalam yoga ini bisa bermanfaat bagi kelancaran proses persalinan nantinya.

Perubahan hormon yang disebut dengan relaxin membuat ibu merasa mual dan mudah lelah. Hal ini dibarengi dengan nyeri dan pembengkakan pada kaki. Maka diperlukan latihan agar panggul lentur dan siap menghadapi persalinan.

Dengan olahraga yoga, maka ibu yang sedang hamil akan terhindar dari stres dan juga memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat. Berikut ini beberapa latihan yoga dengan kursi sebagai alat bantu yang bisa dilakukan oleh ibu yang sedang hamil.

1. Downward Facing Dog

Ibu hamil dapat melakukan gerakan yoga ini dengan menempatkan tangan di belakang kursi, posisi membelakangi kursi. Melangkah lah ke belakang hingga terdapat jarak antara kursi dengan anda sebanyak 90 derajat pada pinggul.

Kemudian dorong tangan ke bawah kursi berbarengan dengan menggerakkan pinggul ke belakang. Tahan beberapa tarikan napas dan cobalah goyangkan pinggul perlahan dari sisi satu ke sisi lainnya. Gerakan ini bermanfaat untuk meregangkan otot punggung dan paha belakang, memfasilitasi pernapasan, meregangkan punggung kaki yang kaku, melepaskan tekanan panggul dan memperpanjang tulang belakang.

2. Chair Pose

Chair pose dilakukan dengan berdiri dengan dua kaki selebar pinggul. Kemudian pindahkan berat badan ke tumit secara perlahan sehingga seolah-olah sedang duduk di kursi. Arahkan bokong ke atas kursi sedikit. Jika dirasa lelah anda dapat istirahat sejenak di kursi.

Rasakan otot pinggul dan bokong yang tertarik saat anda menekan tumit. Tahan selama 10 hingga 30 detik kemudian luruskan kaki. Anda dapat mengulangi gerakan ini semampu anda. Gerakan ini dapat mengendurkan otot dan ligament sekitar panggul, mengurangi nyeri panggul dan melindungi sendi.

3. Supported Squat

Gerakan ini dilakukan dengan berdiri pada kedua kaki lebih lebar dari pinggul dengan menggunakan alas di bawah tumit. Pegang bagian belakang kursi dan berdiri dengan jarak satu kaki. Posisi lutut tetap di atas alas, kemudian tekuk lutut dan jongkok ke lantai.

Gerakan ini berguna untuk melepaskan otot punggung bawah, otot dasar panggul, membantu merilekskan dasar panggul dan membantu melebarkan jalan lahir bayi nantinya. Sehingga ibu hamil dapat melahirkan dengan lancar dan mudah.

4. Pigeon Variation

Lakukan dengan duduk dikursi. Topanglah kaki di lantai menggunakan balok. Silangkan pergelangan kaki kanan ke paha kaki kiri. Lenturkan kaki kanan. Letakkan ibu jari tangan kanan di lipatan pinggul kanan di mana terdapat pertemuan panggul dan tekan ke bawah.

Gerakan ini membantu memperkuat otot-otot sekitar pinggul dan membantu stabilitas tubuh. Variasi ini dapat melepaskan otot-otot lainnya sepanjang pinggul dan paha bagian dalam.

5. Legs Up The Chair

Gerakan ini dapat dilakukan dengan beberapa pengaturan. Berbaring terlentang dengan lutut ditekuk dan telapak kaki di lantai. Angkat pinggul dengan menggeser guling sebagai alat bantunya. Diperlukan orang lain yang membantu latihan ini. Mintalah orang tersebut mengangkay kaki anda satu persatu dan letakkan kaki di kursi.

Letakkan tangan di samping tubuh dan tahan 2 hingga 10 menit. Latihan ini dapat membantu mengurangi pembengkakan di kaki dan pergelangan kaki.

Itulah beberapa latihan yoga yang bisa dilakukan ibu selama hamil untuk mendapatkan kelancaran persalinan.