4 Gerakan Yoga Untuk Memperkuat Otot Inti Dan Panggul

3 December 2019 4 Gerakan Yoga Untuk Memperkuat Otot Inti Dan Panggul

Olahraga yoga merupakan salah satu cara olah tubuh yang cukup diminati. Terkesan mudah untuk dilakukan dengan menggabungkan meditasi dalam latihannya, ternyata yoga memiliki manfaat dan latihan yang lebih dari sekedar meditasi.

Olah tubuh dengan yoga akan dirasa maksimal jika dilakukan dengan benar dan tepat. Tentunya dengan bantuan pelatih yoga yang ahli. Hal ini dilakukan untuk menghindari adanya kemungkinan cedera ketika latihan.

Olahraga yoga akan membantu melatih tubuh secara keseluruhan mulai dari kaki hingga kepala. Gerakan yang dilakukan dalam yoga memberikan manfaat tersendiri bagi masing-masing anggota tubuh. Tidak hanya tubuh saja, tetapi olahraga yoga juga dapat meredakan stres yang anda alami.

Yoga bermanfaat untuk menguatkan dan melatih tubuh menjadi lebih fleksibel. Ini juga termasuk melatih otot inti dan panggul. Hal ini akan membantu mengontrol kandung kemih anda agar lebih kuat. Perempuan yang mengikuti yoga akan memiliki kandung kemih dan otot inti yang lebih kuat.

Ada beberapa latihan yoga yang dapat membantu anda untuk menguatkan otot inti dan panggul. Dalam latihan tersebut, otot tubuh yang mungkin kita belum familiar dengan fungsinya, akan dilatih. Berikut adalah latihan yoga bagi otot dan panggul.

1. Bridge

Bridge dalam yoga dapat dilakukan dengan cara berbaring dengan tangan terlentang selebar pinggul. Kemudian letakkan lengan di samping tubuh dengan telapak tangan menghadap ke bawah. Tarik lutut ke atas atau ditekuk kemudian tarik napas.

Lepaskan napas dibarengi dengan mengangkat pinggul dengan kaki sedikit ditekan. Sejajarkan paha dan kaki. Lakukan latihan ini berulang hingga 3 sampai 5 kali pengulangan.

2. Cow / Cat

Gerakan yoga yang satu ini dilakukan dengan pertama-tama letakkan tangan anda di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul. Tarik napas perlahan dan angkat dada. kepala, dan duduk sehingga punggung tengah anda masuk membentuk seperti tempat tidur gantung.

Rilekskan area panggul dan keluarkan napas perlahan. Kemudian putar punggung, angkat perut dan rasakan otot pada dasar panggul terangkat. Tekuk punggung seperti kucing membulatkan badan. Anda dapat mengulangi latihan ini  berurutan sebanyak 8 hingga 10 kali.

3. Goddes Squat

Gerakan selanjutnya disebut dengan Goddes Squat. Anda dapat memulainya dengan berdiri dengan kedua kaki yang dilebarkan sejajar dengan pinggul. Tekuk lutut hingga sedikit menyentuh pergelangan kaki.

Gerakan ini melibatkan pinggul luar, bokong, dan paha bagian dalam, yang mendukung otot-otot perut dan panggul. Tarik napas dan tahan 5 sampai 8 hitungan. Angkat otot-otot panggul ketika melepaskan napas.  Kembali ke posisi berdiri dan ulangi latihan ini 2 hingga 3 kali.

4. Mountain Pose

Gerakan ini bukan dilakukan dengan diam menyerupai gunung ya. Tetapi anda dapat melakukan dengan berdiri di depan matras yang tersedia, posisi kaki rapat. Kemudian tekan sudut-sudut kaki ke lantai. Angkat dan rentangkan jari kaki lalu turunkan kembali.

Rasakan tarikan pada paha bagian depan dengan menguatkan kaki. Rasakan seperti sedang mengangkat kepala ke arah atas. Tarik napas perlahan dan rilekskan panggul. Keluarkan napas perlahan setelahnya. Anda dapat mengulangi latihan ini beberapa kali.

Keempat pose dari olahraga yoga terbilang cukup mudah dan efektif untuk menguatkan otot inti dan panggul anda. Kenakan pakaian yang memudahkan pergerakan anda dan matras agar tidak mudah tergelincir ketika melakukan latihan.

Anda bisa mendapatkan berbagai macam peralatan pendukung yoga dan aksesoris olahraga lainnya di happyfit.co.id dengan harga yang terjangkau dan berkualitas.