Kapan Waktu Yang Baik Untuk Olahraga ?

26 November 2019 Kapan Waktu Yang Baik Untuk Olahraga ?

Hidup sehat tentu menjadi dambaan semua orang. Berolahraga merupakan salah satu cara untuk dapat mencapai hidup sehat. Banyak sekali olahraga yang dapat kita pilih sebagai sarana dan juga media untuk dapat memenuhi kebutuhan olahraga tersebut.

Olahraga baik outdoor maupun indoor dapat anda pilih sesuai dengan kesukaan masing-masing. Menyempatkan untuk berolahraga di sela-sela kesibukan adalah cara yang baik untuk dilakukan. Hal ini menandakan anda cukup sadar akan kesehatan diri yang perlu dijaga.

Kesibukan dari kegiatan anda tentu tidak sama pada semua orang. Ada yang bekerja pada saat akhir pekan dan justru libur di awal pekan. Adanya jam kerja yang beragam ini membuat kita berolahraga ketika memang ada waktu saja.

Namun pernahkah kita bertanya-tanya kapan sebaiknya waktu yang tepat untuk berolahraga ?. Beberapa orang mampu untuk bangun lebih awal di pagi hari untuk melakukan olahraga sebelum memulai aktivitas atau berangkat ke kantor.

Ada pula yang lebih menyukai untuk melakukan olahraga pada sore atau malam hari selepas kerja. Ada yang mengatakan bahwa pagi hari merupakan waktu yang lebih baik untuk olahraga karena lebih banyak udara bersih daripada malam hari.

Ternyata kebiasaan olahraga pada pagi, sore atau malam hari ini dapat memengaruhi ritme sirkadian tubuh. Untuk itu anda sebaiknya rutin melakukan olahraga pada waktu yang sama agar tidak merusak sistem ini. Mari kita lihat waktu olahraga beserta manfaatnya.

1. Pagi Hari

Jika anda merupakan orang yang kurang akrab dengan konsistensi, sebaiknya anda memilih pagi hari ketika memutuskan untuk melakukannya. Penelitian mengatakan bahwa olahraga pada pagi hari dapat menghindari kepadatan dan ketidakteraturan jadwal aktivitas anda.

Manfaat berolahraga pada pagi hari adalah suhu tubuh berada pada suhu rendah sehingga dapat melakukan pemanasan sebelum olahraga dengan waktu yang lebih lama. Selain itu, olahraga pada pagi hari dengan perut yang masih kosong sangat baik untuk pembakaran kalori.

Hal ini disebabkan oleh komposisi hormon pada pagi hari mendukung untuk penurunan berat badan dengan metabolisme yang baik. Olahraga pada pagi hari juga dilansir dapat mengurangi keinginan untuk makan sepanjang hari sehingga dapat mengantisipasi adanya kenaikan berat badan.

2. Sore Hari

Berolahraga pada sore hari selepas kerja juga baik untuk dilakukan. Olahraga pada sore hari dapat memberikan performa yang lebih baik karena anda sudah mendapatkan asupan makanan satu atau dua kali sebelumnya.

Olahraga pada sore hari dapat membakar kalori 10% lebih banyak dibandingkan olahraga yang dilakukan pada pagi dan malam hari. Suhu tubuh umumnya akan naik pada siang hari, maka kekuatan otot akan berada pada level tinggi di sore hari.

Sehingga waktu tubuh untuk berespon lebih cepat, detak jantung dan tekanan darah pada tingkatan terendah di mana hal ini jika digabungkan akan meningkatkan performa latihan dan menurunkan kemungkinan cedera.

3. Malam Hari

Bagi anda yang memiliki jam kerja hingga pukul 6 sore maka olahraga pada malam hari merupakan pilihan yang baik. Dikatakan bahwa olahraga pada malam hari dapat mengganggu jam tidur anda karena akan mengalami kesulitan tidur. Hal ini tidak akan anda rasakan jika setelah berolahraga anda langsung tidur setelahnya.

Olahraga pada malam hari juga dapat membantu untuk menurunkan berat badan bagi anda yang sedang diet. Penelitian mengatakan bahwa olahraga malam hari tidak mengganggu jam tidur, justru dapat menstimulasi hormon ghrelin yang dapat menurunkan keinginan anda untuk makan di malam hari.

Jadi, olahraga pada tiga waktu ini memiliki manfaatnya masing-masing sesuai dengan waktu yang bisa anda jalani. Jika anda ingin mencari alat-alat olahraga pendukung, anda dapat menemukannya di happyfit.co.id