7 Latihan Kettlebell Untuk Pemula

26 November 2019 7 Latihan Kettlebell Untuk Pemula

Olahraga dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Bisa juga disertai dengan alat bantu seperti kettlebell. Latihan dengan menggunakan kettlebell merupakan cara yang unik dari salah satu alat bantu olahraga lainnya. Percaya atau tidak, berolahraga dengan mencoba menggunakan alat olahraga yang beragam dapat membantu menguatkan otot dan membakar kalori.

Kettlebell juga dapat membantu anda untuk meningkatkan detak jantung. Alat yang satu ini juga sangat fleksibel untuk digunakan. Untuk memulai latihan dengan kettlebell, anda sebaiknya menyiapkan kettlebell dengan berat 4 hingga 6 kilogram.

Nantinya berat dari kettlebell ini akan ditingkatkan beratnya jika anda sudah terbiasa berolahraga dengan dibantu dengan alat ini. Anda dapat menyelipkan latihan menggunakan kettlebell dalam olahraga yang anda lakukan secara rutin. Atau bisa juga digunakan dengan latihan full menggunakan kettlebell.

Latihan menggunakan kettlebell dapat melatih otot dan meningkatkan detak jantung sebagai bonus kardio. Anda dapat melakukan olahraga ini dengan beberapa langkah-langhkah kettlebell berikut.

1. Halo

Latihan pada step pertama ini di namakan dengan Halo. Fokus latihan ini bertumpu pada bahu dan kaki anda. Cara melakukan latihan dengan kettlebell pada tahap ini dengan memegang sisi pegangan pada alat pada posisi bola setinggi dada.

Kemudian melangkahlah ke depan dengan kaki kemudian tekuk lutut. Angkat bola setinggi mata secara perlahan lalu lingkarkan ke sekitar kepala kiri anda. Ikuti ayunan bola nya lalu kembalikan bola ke atas.

Kembali pada posisi awal dan ulangi latihan ini hingga 5 kali dengan menggunakan kaki kanan dan kiri secara bergantian.

2. Lunge Up

Langkah kedua adalah lunge up. Fokus latihan ini adalah pada bahu, kaki dan otot perut. Cara melakukannya cukup mudah. Pegang kettlebell dengan tangan kiri dengan tinggi di atas bahu, posisi bola berada di belakang punggung tangan.

Melangkah lah dengan kaki kiri ke belakang dengan tekukan. Kemudian kembali ke posisi semula dengan bola masih berada di atas. Ulangi gerakan ini dengan menggunakan kaki dan tangan bergantian. Latihan ini bisa diulang hingga 10 kali.

3. Row

Latihan ketiga memiliki fokus pada punggung atas, bahu, otot perut dan otot tangan. Untuk melakukan latihan ini anda dapat memegang kettlebell pada pegangan yang tersedia di tangan kanan. Posisi tangan lurus sejajar dengan tubuh.

Langkahkan kaki kiri mendekati kaki kanan. Tekuk badan hingga 45 derajat hingga tubuh anda lurus dan rata. Tarik kettlebell keatas, hentikan sejenak kemudian turunkan kettlebell dengan lurus. Ulangi latihan ini hingga 15 kali pengulangan bergantian kanan dan kiri.

4. Push Press

Melakukan push press bertujuan untuk melatih bahu, otot perut, kaki dan otot tricep. Caranya adalah dengan berdiri pada kaki yang dibuka lebar sejajar dengan bahu. Pegang kettlebell dengan tangan kanan setinggi bahu. Kemudian tahan bola pada punggung tangan.

Lakukan squat, kemudian berdiri sambil menahan kettlebell ditangan kanan lurus ke atas. Kembali ke posisi awal dan ulangi dengan bergantian tangan kanan dan kiri sebanyak 10 kali.

5. Squat And Curl

Berdiri lah dengan lebar kaki sejajar bahu, kaki ke arah luar 45 derajat dan tahan kettlebell setinggi dada dengan kedua tangan. Lakukan squat dan latih dengan biceps curl. Kemudian gunakan tumit untuk kembali berdiri tegak.

Lakukan 2 kali squat dan 2 kali bicep curl pada squat terakhir. Ulangi latihan ini pada masing-masing posisi hingga 5 kali baik squat maupun bicep curl. Langkah ini membantu melatih otot biceps, punggung, otot perut dan juga kaki.

6. Swing

Langkah keenam disebut dengan swing. Caranya adalah dengan berdiri dengan kaki melebar setara bahu, angkat kettlebell dengan kedua tangan. Tekuk lutut ketika merendah, ayunkan kettlebell dari sejajar tangan hingga berada diantara ditengah kaki.

Kembali ke posisi semula dan ulangi latihan ini sebanyak 20 kali. Latihan ini akan membantu untuk menguatkan otot perut, otot paha dan paha belakang.

7. Triceps Press

Fokusnya pada otot triceps, bahu dan otot perut. Lakukan dengan cara memegang kettlebell di kedua tangan. Melangkahlah ke depan dengan kaki kanan dan menekuk sedikit dengan cara berlutut.

Tarik kettlebell secara langsung ke atas kepala hingga siku tangan anda sejajar dengan telinga. Turunkan kettlebell sejajar dengan leher, berhenti sebentar, dan lakukan gerakan mengangkat kettlebell ke atas kembali. Lakukan latihan ini hingga 10 kali pengulangan.

Itulah beberapa cara olahraga dengan menggunakan kettlebell. Anda dapat melakukan latihan ini kapanpun dan di mana pun anda inginkan. Tidak memakan banyak tempat untuk menyimpannya dan juga praktis digunakan.