Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Wanita

1 October 2019 Manfaat Yoga Bagi Kesehatan Wanita

Manfaat dari melakukan olahraga secara rutin sudah tidak diragukan lagi. Efek baiknya dirasakan oleh tubuh sehingga tubuh menjadi segar dan sehat. Olahraga sebaiknya dilakukan secara rutin dan diwaktu yang sama.

Paling tidak lakukan olahraga 2 hingga 3 kali seminggu diluar kesibukan harian Anda. Beragam pilihan olahraga bisa Anda coba lakukan sesuai dengan keinginan. Mulai dari olahraga di dalam ruangan seperti pergi ke gym atau di luar ruangan misalnya lari dan melakukan yoga.

Olahraga dapat dilakukan oleh siapa saja baik orang tua, anak muda tanpa memandang gender entah pria atau wanita. Sebagai wanita tentu anda memiliki banyak kegiatan yang membutuhkan fisik dan mental yang kuat serta sehat.

Maka dari itu penting sekali menjaga kesehatan bagi perempuan agar dapat menjadi apapun yang diinginkan. Salah satunya adalah dengan melakukan yoga. Yoga memiliki segudang manfaat yang baik untuk wanita. 

Mungkin peserta yoga mayoritas wanita karena mereka telah mengetahui dan merasakan beberapa manfaat dari melakukan yoga seperti berikut.

1. Meningkatkan Konsentrasi

Yoga dilakukan diawali dengan melakukan meditasi. Meditasi ini melibatkan teknik pernapasan yang tepat sehingga menstimulasi efek rileks pada tubuh dan pikiran. Selain itu yoga dapat membantu menyejukkan pikiran seseorang sehingga ia dapat berpikir dengan baik dan jernih.

Ketika seseorang dapat berpikir dengan jernih maka tingkat konsentrasinya akan semakin baik pula. Rutinitas melakukan yoga yang dapat melatih pernapasan ini juga baik untuk melatih kesabaran.

Kombinasi pikiran yang jernih sehingga mampu konsentrasi penuh dibarengi dengan kesabaran sehingga Anda dapat menikmati hari-hari dengan ketenangan dalam berbagai situasi.

2. Media Relaksasi

Setelah menjalani aktivitas yang padat Anda tentu membutuhkan media sebagai pelepas lelah. Yoga merupakan salah satu media tersebut. Yoga dapat membantu memberikan efek rileks dan menenangkan baik pikiran dan tubuh.

Pada perempuan yang sedang mendekati masa menstruasi akan merasa lebih sensitif dari biasanya. Dengan melakukan yoga, akan membantu Anda mengatasi mood yang tidak stabil pada masa ini.

Sehingga Anda akan lebih tenang dan kalem walaupun mood sedang tidak bersahabat bahkan bagi diri Anda sendiri.

3. Baik Bagi Tubuh

Yoga baik bagi tubuh wanita yang aktif karena mampu membantu meningkatkan kelenturan dan kekuatan tubuh Anda. Beberapa pose dalam yoga dapat meredakan nyeri punggung dengan cara melatih peregangan pada punggung.

Selain itu yoga juga dapat membantu melatih kekuatan tubuh dengan gerakan-gerakannya yang melibatkan otot untuk tubuh bergerak. Hal ini akan membantu memperbaiki postur tubuh dengan baik dan benar.

4. Membantu Penurunan Berat Badan

Ternyata latihan yoga tidak sesimpel dari yang terlihat. Gerakan yang dilakukan pada saat yoga membutuhkan koordinasi yang baik antara pikiran dengan otot-otot tubuh. Energi yang dikeluarkan juga cukup besar.

Sehingga yoga dapat mengeluarkan keringat dengan maksimal. Hal ini karena adanya pembakaran lemak saat melakukan yoga. Lemak yang terbakar karena yoga baik bagi Anda yang sedang dalam program penurunan berat badan diimbangi dengan gaya hidup sehat.

5. Memperbaiki Kualitas Tidur

Melakukan yoga akan membuat Anda lebih rileks karena otot yang kaku telah kembali meregang. Hal ini akan memengaruhi ketenangan pikiran sehingga dapat membantu mengatasi masalah sulit tidur di malam hari.

Tidur yang baik di malam hari adalah bentuk istirahat yang diperlukan oleh tubuh agar dapat segar keesokan hari. Untuk itu diperlukan kualitas tidur yang baik. Dengan rutin melakukan yoga maka Anda dapat merasakan efek baik ini pada diri Anda.

6. Meningkatkan Gairah Seksual

Bagi Anda wanita yang sudah menikah, melakukan yoga juga dapa membantu meningkatkan gairah seksual. Hal disebabkan oleh adanya peningkatan peredaran darah yang lancar dalam tubuh ketika rutin berolahraga yoga.

Cukup banyak dan menarik bukan manfaat yang bisa anda dapatkan dari olahraga yoga.