Benarkah Olahraga Dengan Foam Roller Dapat Menghilangkan Selulit ?

24 October 2019 Benarkah Olahraga Dengan Foam Roller Dapat Menghilangkan Selulit ?

Alat olahraga dengan bentuk ringan dan mudah dibawa wajib anda miliki untuk menunjang latihan di rumah. Umumnya alat yang sering digunakan seperti dumbbell hingga strap untuk stretching.

Kini ada alat baru yang sedang naik daun dikalangan penggemar olahraga yang juga wajib anda coba yaitu foam roller. Alat ini mudah digunakan dimanapun anda berada. Bentuknya juga ringan dan dapat disimpan dimana saja. Tidak memakan banyak tempat dan mudah digunakan.

Foam roller sendiri adalah alat olahraga yang terbuat dari foam atau busa yang empuk sehingga nyaman digunakan dan tidak khawatir akan cedera pada tubuh. Foam roller ini cukup terkenal karena dipakai oleh beberapa publik figur.

Alat ini dipercaya mampu meningkatkan fleksibilitas tubuh seperti alat olahraga lainnya. Maka dari itu banyak yang menyatakan bahwa olahraga dengan bantuan foam roller bisa mengatasi selulit karena gerakannya membantu tubuh untuk lebih fleksible. Namun apakah benar?

Manfaat Foam Roller dalam Mengatasi Selulit

Menggunakan roller foam secara teratur bisa meningkatkan kekencangan otot diseluruh area khususnya area berselulit. Gerakan yang bersifat meregang dan melenturkan otot tubuh terbukti ampuh mencegah selulit. Namun bukan berarti olahraga menggunakan foam roller pasti menghilangkan selulit.

Hal ini terjadi karena penyebab selulit bisa disebabkan oleh berbagai hal. Bisa jadi selulit tersebut merupakan kondisi genetik yang tidak bisa dihindari. Menurut Manjula Jegasothy, MD, dermatolog dan pendiri Miami Skin Institute, mengatakan bahwa hasil penggunaan foam roller untuk mengatasi selulit tidak bisa instan. Perlu konsistensi yang tinggi untuk memberikan hasil maksimal

Cara Menggunakan Foam Roller

Untuk kamu yang ingin mengatasi selulit dengan bantuan roller foam maka pastikan sudah menggunakan foam roller dengan benar. Jangan sampai tidak rutin dan menggunakan Gerakan yang tidak tepat.

Anda bisa menggunakan foam roller dengan beberapa gerakan. Gerakan pertama bisa anda coba dengan meletakkan foam roller di bawah betis pada satu kaki. Kaki satunya menginjak lantai. Kemudian tarik ulur kaki anda berulang dan lakukan 3 hingga 4 kali pengulangan.

Gerakan yang kedua dilakukan dengan berbaring di lantai. Posisikan foam roller pada bawah pinggul. Tahan tubuh dengan kedua tangan kemudian gulingkan perlahan di atas foam roller mulai dari pinggul hingga lutut. Lakukan berulang dari 3 hingga 4 kali.

Gerakan ketiga mirip dengan melakukan back up. Letakkan foam roller di bawah punggung dengan posisi tubuh berbaring di lantai. Tangan berada di atas atau di samping agar tubuh seimbang. Kemudian tahan beban tubuh dan tekuk lutut agar foam roller bergerak dari atas punggung hingga ke bawah. Lakukan pengulangan hingga 4 kali.

Gerakan keempat dilakukan dengan badan yang berbaring miring. Kemudian letakkan foam roller di bawah pinggul kanan. Tahan tubuh dengan tangan agar seimbang. Gerakkan tubuh yang diletakkan foam roller dari pinggul hingga lutut. Lakukan pengulangan pada masing-masing sisi kanan dan kiri satu set. Ulangi per set hingga 4 kali.

Kelebihan Lain dari Foam Roller

Foam roller ini memiliki kelebihan yakni ringan dibawa kemana pun. anda seperti tidak membawa apapun jika meletakkan foam roller di tangan. Selain itu foam ini nyaman dan mudah digunakan.

Latihan yang tepat tentu diperlukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal sesuai yang anda inginkan. Tidak hanya berpegangan pada alat bantu olahraga saja. Tetapi kita juga harus berpikir bahwa segala sesuatunya harus seimbang. Seimbangkan dengan gaya hidup sehat, pola makan yang baik, dan olahraga yang teratur serta rutin.

Pada akhirnya usaha yang konsisten akan memberikan hasil yang baik jika dilakukan dengan baik pula. Jangan lupa jika butuh perlengkapan yoga maka cek happyfit.