Apa Itu Hot Yoga ?

24 September 2019 Apa Itu Hot Yoga ?

Yoga tentu bukan olahraga baru yang kita pernah dengar. Olahraga yoga ini sering dikaitkan dengan meditasi. Namun ternyata yoga adalah olahraga yang meliputi lebih dari sekedar meditasi. Dikatakan lebih dari meditasi karena olahraga yoga mampu untuk membakar kalori tubuh Anda dengan maksimal jika dilakukan dengan tepat dan rutin.

Gerakan dan jenis yoga juga tidak melulu itu-itu saja. Tetapi gerakan dan jenisnya beragam. Salah satunya adalah hot yoga atau dikenal dengan bikram yoga. Hot yoga adalah jenis dari yoga yang prosesnya dilakukan di tempat yang hangat dan memiliki kelembaban yang baik. Suhu ruangan yang digunakan diatur sedemikian rupa sekitar 40 derajat celcius dengan tingkat kelembaban 40%.

Hot yoga biasanya dilakukan selama 90 menit yang terdiri dari beberapa rangkaian. Mulai dari gerakan berdiri hingga peregangan. Ketika melakukan beberapa macam posisi dari hot yoga ini, dibutuhkan konsentrasi karena membutuhkan kontraksi panjang dan kuat yang menyasar pada otot.

Posisi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan detak jantung dan melatih otot tubuh Anda. Namun kalori yang terbakar dari hot yoga ini tidak cukup banyak untuk membantu penurunan berat badan. Hot yoga ini tidak disarankan bagi Anda yang sedang hamil atau memiliki masalah kesehatan seperti penyakit jantung, dehidrasi, intoleransi terhadap panas. Dan pastikan Anda terhidrasi dengan baik.

Dibalik pro dan kontra dari hot yoga ini, tentu olahraga satu ini juga menyimpan beberapa manfaat baik bagi tubuh.

1. Menurunkan Stres

Hot yoga yang dilakukan dalam beberapa menit secara rutin ini mampu menurunkan tekanan darah sehingga tubuh Anda terasa rileks kembali. Tubuh yang rileks akan membuat seseorang berkurang tingkat stresnya. Sehingga Anda dapat lebih aktif dan semangat dalam melakukan aktifitas.

2. Menstabilkan Hormon

Melakukan yoga juga harus diimbangi dengan pola hidup sehat. Metabolisme tubuh yang kurang lancar bisa jadi disebabkan karena hormon kortisol yang tinggi. Dengan melakukan hot yoga dapat membantu Anda untuk mengurangi hormon kortisol yang menstimulasi peningkatan berat badan.

3. Mengubah Gaya Hidup

Melakukan yoga akan membantu mengubah gaya hidup Anda. Terutama ketika melakukan hot yoga ini. Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang nantinya Anda harus dapat beradaptasi dengan kebiasaan tersebut. Anda harus rutin dan rajin mengonsumsi air putih dengan takaran yang sesuai rujukan harian.

Ketika Anda melakukan hot yoga, sebaiknya jangan minum terlalu banyak namun pastikan tubuh mampu menjalani proses hot yoga hingga selesai dengan memastikan sudah terhidrasi dengan baik. Isi perut Anda terlebih dahulu dengan makanan yang tidak terlalu berat seperti buah-buahan. Sebaiknya hindari terlalu lapar dan terlalu kenyang sebelum melakukan hot yoga.

Kenakan baju yang nyaman dan menyerap keringat. Baju yang nyaman akan membuat Anda leluasa bergerak dengan ringan. Gunakan baju dengan daya serap keringat yang baik mengingat hot yoga ini memiliki pose berat yang dapat menguras keringat Anda. Jika dirasa tidak terlalu kuat ketika proses hot yoga, kurangi kekuatan gerakan secara perlahan. Anda sebaiknya tidak memaksakan beban berat pada tubuh terlalu lama.

Keringat yang keluar dari tubuh dalam proses hot yoga ini tentu akan membuat yoga mat atau lantai ruangan terkena tetesan keringat Anda sehingga alas menjadi licin. Anda dapat menggunakan aksesoris untuk yoga yakni Yoga Towel untuk membantu mengatasi masalah ini.

Yoga towel akan dengan mudah menyerap keringat yang keluar dari tubuh Anda. Yoga towel bisa Anda dapatkan di Happyfit.co.id dengan harga yang terjangkau.

Yoga towel ini mudah disimpan, mudah dibersihkan dan nyaman digunakan. Yoga towel akan menemani rangkaian hot yoga Anda dengan aman tanpa khawatir tergelincir karena licin oleh tetesan keringat.