Apakah Yoga Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

20 August 2019 Apakah Yoga Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan?

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga meditasi yang menjadi populer belakangan ini. Biasanya olahraga ini paling banyak dilakukan oleh wanita tetapi saat ini pria juga sudah mulai banyak ikut yoga. Olahraga jenis ini menjamur di berbagai kota besar karena bisa dilakukan dimana saja. Tujuannya selain berolahraga juga sebagai proses melatih pikiran tenang terhadap berbagai hal.

 

Manfaat yoga ini jika dilihat dari segi psikis maka sudah cukup umum di telinga kita. Bagaimana dengan manfaat yoga untuk membantu menurunkan berat badan?

 

Sejumlah penelitian mempercayai bahwa yoga bisa menurunkan berat badan dengan baik karena yoga juga tergolong olahraga. Gerakan gerakan yoga bisa mengecilkan bagian-bagian tertentu. Tentu ini sangat wajar karena gerakan yoga pada dasarnya sangat melatih peregangan dan penguatan otot-otot tubuh.

 

Berikut ini 5 gerakan yoga yang bisa membantu penguatan otot dan membantu memaksimalkan penurunan berat badanmu:

 

1. Tree Pose

 

Tree pose atau pose pohon ini cukup mudah dilakukan. Tahapannya juga sederhana, angkatlah sebelah kaki hingga paha dalam (dalam keadaan berdiri). Kemudian tangan letakan di dada. Tahan pose ini setidaknya selama 1 menit dengan jumlah 5 kali. Gerakan ini mampu mengurangi berat badan khususnya pada bagian kaki dan perut.

 

2. Bow Pose

 

Gerakan ini dilakukan saat berbaring menghadap matras yoga dan menarik bagian kaki belakang ke depan menggunakan tangan. Angkat dada dan tarik bagian kaki secara perlahan. Usahakan cukup bagian perut dan setengah bagian paha saja yang menempel di matras hingga membentuk seperti busur.

 

Latihan ini dilakukan selama 30 detik dengan pengaturan nafas yang teratur. Gerakan ini jika dilakukan secara rutin akan menghilangkan lemak pada bagian perut, dada, pinggang hingga paha.

 

3. Rocking Boat

 

Gerakan ini menitik beratkan pada kekuatan otot perut. Gerakan ini memberikan efek pada area perut, pinggang dan paha atas sehingga bagian tersebut jadi lebih kencang.

 

Cara melakukan gerakan ini cukup sederhana, pertama duduk pada matras dengan posisi kaki lurus, kemudian naikan kaki ke atas hingga membentuk sudut 90. Bertumpu pada bagian bokong dan tahan selama 30 detik. Lakukan gerakan ini 5 kali untuk hasil yang maksimal.

 

4. Paschimottanasana

 

Mengucapkan nama gerakan ini sedikit ribet tapi pada dasarnya adalah gerakan mencium lutut. Gerakan ini sedikit susah dan perlu sedikit bantuan untuk pertama kali.

 

Jika pertama kali melakukan gerakan ini, maka mintalah teman untuk mendorong punggung bagian belakang saat Anda duduk di matras yoga. Kemudian usahakan kepala Anda bisa mencium bagian lutut. Tidak perlu dipaksakan saat pertama kali. Lakukan sebisa mungkin hingga akhirnya bisa mencium lutut.

 

Gerakan paschimottanasana ini memberikan manfaat untuk pembakaran lemak di perut. Gerakan ini juga bermanfaat untuk mengatasi nyeri punggu yang biasa terjadi.

 

5. Plank Pose

 

Gerakan plank pose ini cukup sederhana namun jika dilakukan secara konsisten akan menghasilkan keringat yang cukup banyak. Gerakan ini akan membakar lemak pada bagian lengan, paha dan menguatkan otot perut serta punggung. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan meletakan kedua tangan Anda di matras kemudian dilanjutkan dengan menekuk kaki satu persatu secara bergantian.

Lakukan gerakan ini setidaknya 12 kali hitungan secara rutin. Jika tidak menyulitkan Anda, bisa juga dilanjutkan dengan push up untuk menguatkan otot tangan dan punggung.

 

Jangan lupa, untuk melakukan berbagai jenis yoga di atas, gunakanlah matras yang nyaman dan aman dari Happyfit!