10 Jenis Latihan Yoga Serta Manfaatnya

4 January 2019 10 Jenis Latihan Yoga Serta Manfaatnya

Banyaknya jenis yoga yang berbeda tentu menyulitkan kamu untuk menentukan gaya mana yang akan cocok untukmu saat hendak memulai yoga. Kebanyakan gaya yoga didasarkan pada pose yoga dasar yang sama (disebut asana), namun pengalaman satu gaya dapat sangat berbeda dari yang lain. Untuk kamu para yoga pemula, Happyfit akan menguraikan jenis-jenis yoga yang paling populer serta manfaat esensial mereka, untuk memudahkan kamu mengetahui dari mana harus memulai.

Ashtanga

Ashtanga Yoga adalah jenis yoga yang dibawa ke dunia modern oleh Sri K. Pattabhi Jois. Metode yoga Asthanga melibatkan sinkronisasi napas dengan serangkaian gerak tubuh. Teknik pernapasan dalam ashtanga bermanfaat untuk memusatkan pikiran dan mengendalikan aliran napas ke seluruh tubuh sambil meningkatkan fleksibilitas dan kekuatan.

Bikram / Hot Yoga

Kedua jenis yoga ini menggunakan ruangan bersuhu tinggi sekitar 40 derajat celcius (104 derajat fahrenheit). Keduanya akan membuat kamu berkeringat dan merasa tertantang. Bagaimana tidak? Di dalam ruangan bersuhu panas dengan lantai berkarpet dan cermin di dinding serta di bawah lampu-lampu terang kamu harus mengikuti 26 atau lebih pose yoga. Manfaatnya pun tidak akan mengkhianati usahamu, selain dapat membangun kekuatan dan fleksibilitas otot, bikram/hot yoga juga dikatakan dapat menjadi detox dan melepaskan racun-racun di dalam tubuhmu.

Hatha

Hatha Yoga adalah kategori umum yang mencakup sebagian besar jenis yoga. Hatha Yoga terdiri dari praktik asana (postur yoga) dan pranayama (latihan pernapasan) yang membantu membawa ketenangan bagi pikiran dan tubuh. Saat ini, istilah Hatha digunakan sedemikian luas hingga sulit untuk mengetahui seperti apa akelas hanta nantinya. Dalam kebanyakan kasus, hatha yoga relatif lembut, santai, dan bagus untuk pemula.

Kundalini

Kundalini Yoga adalah gabungan antara gerakan atau latihan, teknik pernapasan, nyanyian, dan meditasi yang berulang. Setiap latihan kundalini tertentu disebut sebagai kriya. Latihan kundalini yoga bermanfaat untuk membangkitkan energi di pangkal tulang belakang untuk menariknya ke atas melalui tujuh chakra. Bentuk Kundalini Yoga telihat dan terasa sangat berbeda dari yang lain, karena fokusnya pada pernapasan berulang yang ditingkatkan dan pergerakan energi melalui tubuh.

Iyengar

Iyengar Yoga adalah gaya yoga yang sangat cermat yang berfokus pada seluk-beluk setiap pose. Yang berbeda dalam kelas Iyengar yoga adalah pose dilakukan jauh lebih lama dari pada jenis yoga lainnya, dalam upaya untuk lebih memperhatikan perataan muskuloskeletal yang tepat dalam setiap asana. Iyengar Yoga biasanya menggunakan alat peraga seperti Yoga Block, Yoga Roller, Exercise Strap, dan aksesoris yoga lainnya untuk meminimalisir cedera.

Anusara

Anusara Yoga adalah jenis terbaru dari hatha yoga sekaligus versi ringan dari Iyengar Yoga. Anusara Yoga mengajarkan serangkaian prinsip universal yang mendasari semua pose yoga, gerakannya mengalir dengan anggun dan mengikuti kata hati. Anusara juga merupakan jenis yoga yang ramah bagi pemula.

Restorative

Yoga Restorative adalah jenis yoga yang menenangkan dan santai, ia akan meremajakan Anda lebih dari tidur siang atau malam di sofa. Dengan sedikitnya lima pose dalam satu kelas, kelas ini sangat ideal untuk pemulihan cedera atau rehabilitasi stres. Pergilah ke studio untuk yoga restoratif ("yin") jika kamu membutuhkan pembersihan psikologis.

Vinyasa

Seperti Hatha, Vinyasa Yoga adalah istilah umum yang menggambarkan banyak gaya yoga yang berbeda. Kelas Vinyasa Yoga juga kerap disebut kelas aliran, yang mengacu pada aliran berkelanjutan dari satu postur yoga ke postur berikutnya. Ramah untuk pemula dan yogi tingkat lanjut, vinyasa akan memperkuat inti tubuh dan menciptakan hubungan antara gerakan dan napas.

Power Yoga

Power Yoga adalah fitness-nya yoga. Power Yoga dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan karena fungsinya yang merekrut setiap otot di dalam tubuh. Ia dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan menghasilkan pembakaran kalori yang lebih tinggi. Meskipun dianggap sebagai gaya yoga paling atletis, power yoga bahkan sulit dilakukan oleh seorang atlet.

Prenatal

Penatal Yoga sempurna untuk calon ibu. Gerakannya dapat meningkatkan postur tubuh, kekuatan inti, dan Teknik pernapasan sambil menghilangkan rasa sakit saat hamil. Ini adalah bentuk latihan yang aman dan cerdas untuk tetap bugar sambal menunggu, serta kesempatan yang bagus untuk berbagi tips mengasuh anak antar sesama ibu hamil.


Praktik yoga populer lainnya yang tidak disebutkan di antaranya sivananda, jivamukti, viniyoga dan mungkin masih banyak di luar sana. Jenis yoga apa pun yang ingin kamu ikuti pasti akan bermanfaat.

Setelah mengetahui jenis Yoga yang akan kamu ikuti, mulailah untuk mencari perlengkapan Yoga yang kamu butuhkan di sini !