Tips Memilih Matras Yoga untuk Pemula

21 December 2018 Tips Memilih Matras Yoga untuk Pemula

Kalau kamu mulai tertarik dengan yoga, kamu tentu membutuhkan matras sebagai bantalan saat melakukan pose yoga. Namun sebagai pemula, banyaknya brand yang menawarkan matras yoga dengan beragam kualitas, model, tekstur, hingga ketebalan, membuat kamu bingung dalam mengambil keputusan. Oleh karena itu, berikut ini tips memilih matras yoga bagi pemula:

1. Pilihlah yang Sesuai dengan Kebutuhan

a. Sesuaikan dengan Tipe Tubuh

Jika kamu memiliki bentuk tubuh yang mungil atau bisa terbilang kurus, yang kamu butuhkan  adalah matras yang tebal seperti matras NBR dari Happyfit. Jika kamu memiliki rangka tulang yang kuat disertai bantalan alami dari lemak, matras jenis PVC dan TPE setebal 6mm saja sudah cukup. Selain itu, jika sendi atau tulang ekormu mudah sakit, kamu mungkin perlu matras yang tebal sekalipun tulangmu kuat.

b. Sesuaikan dengan Jenis Yoga yang Kamu Ikuti

Jenis ‘Flow Yoga’ mengandalkan gerakan yang lebih kompleks, sehingga kamu akan membutuhkan matras dengan banyak traksi atau grip untuk menjaga lengan dan kaki kamu tetap pada tempatnya. Sedangkan untuk jenis ‘Yin Yoga’ yang lebih santai dengan gerkan duduk atau berbaring, grip atau traksi dirasa tidak terlalu penting. Sebaliknya, pilihlah matras yang lembut dan nyaman. Atau jika kamu mengikuti kelas ‘Hot Yoga’ mungkin kamu sebaiknya menambahkan Yoga Grip Towel di atas matras untuk menyerap keringat lebih banyak.

2. Memilih Bahan

a. Polyvinyl Chloride (PVC) merupakan salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membuat matras yoga. Matras PVC dirancang dengan dot-dot yang timbul di permukaannya sebagai traksi atau grip saat berganti gerakan.

b. Nitrile Butadiene Rubber (NBR) terbuat dari karet alam, sangat ringan, dan memiliki ketebalan yang mumpuni yaitu 10mm. Oleh karenanya sangat cocok bagi kamu yang memiliki riwayat sakit sendi atau tulang ekor.

c. Thermal Plastic Elastomer (TPE) terbuat dari bahan Biodegradable yang bias didaur ulang. Itulah sebabnya matras jenis ini menjadi primadona di kalangan para yogi. Selain itu, matras yoga eco-friendly ini memiliki dua permukaan warna yang berbeda sehingga dapat dipakai bolak-balik guna mengatasi kebosanan. Matrasnya pun ringan sehingga mudah dirolling dan dibawa.

3. Pertimbangkan Harga

Harga matras yoga sangat bervariasi. Matras PVC dengan ketebalan 4 hingga 6 mm merupakan pilihan termurah. Kamu bisa mendapatkan matras jenis PVC dengan harga 100 hingga 200 ribuan. Jangan tergiur dengan matras murah namun kualitasnya buruk seperti licin dan berbau, karena dapat membahayakan serta tidak nyaman saat dipakai.

Jika kamu berencana untuk melakukan yoga dalam jangka Panjang, matras jenis TPE eco-friendly dapat menjadi salah satu investasi yang layak untukmu.

 

Semoga dengan Tips Memilih Matras Yoga bagi Pemula, kamu tidak akan galau lagi dan siap menentukan pilihanmu di sini!